Jumat, 29 Oktober 2010

VALUE FOR MONEY :

Value For Money merupakan konsep pengelolaan organisasi sector public yang mendasarkan pada tiga elemen utama, yaitu ekonomi, efisiensi, dan efektivitas


>> EKONOMI:

Pemerolehan input dengan kualitas dan kuantitas tertentu pada harga yang terendah. Ekonomi merupakan perbandingan input dengan input value yang dinyatakan dalam satuan moneter. Ekonomi terkait dengan sejauh mana organisasi sector public dengan meminimalisir input resources yang digunakan yaitu dengan menghindari pengeluaran yang boros dan tidak produktif.


>> EFESIENSI

Pencapaian output yang maksimum dengan input tertentu atau penggunaan input yang terendah untuk mencapai output tertentu. Efesisensi merupakan perbandingan output/input yang dikaitkan dengan standar kinerja atau target yang telah ditetapkan.


>> EFEKTIVITAS

Tingkat pencapain hasil program dengan target yang ditetapkan. Secara sederhana efektivitas merupakan perbandingan outcome dengan output.


Ketiga hal tersebut merupakan elemen pokok value for money, namun beberapa pihak berpendapat bahwa tiga elemen saj belum cukup. Perlu ditambah dua elemen lain yaitu keadilan dan pemerataan atau kesetaraan.


0 komentar:

Posting Komentar