Sabtu, 10 April 2010

AUDIT PEMASARAN

>> Pengertian Audit Pemasaran :
Audit pemasaran adalah audit yang merupakan suatu cara untuk membantu manajemen
memilih suatu posisi dalam lingkungan tersebut berdasarkan faktor-faktor yang diketahui.

>> Tiga unsur pokok dan manfaat potensial dari Audit Pemasaran :
1. Analisis mengenai lingkungan eksternal & situasi Internal.
2. Penilaian kinerja masa lalu dan aktivitas-aktivitas sekarang.
3. Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang.

>> Kinerja suatu organisasi pasar dipengaruhi secara signifikan dan secara langsung oleh persepsi strategis mengenai 3 faktor yaitu :
a. Posisi pasar organisasi sekarang.
b. Sifat dari peluang dan ancaman lingkungan.
c. kemampuan organisasi menagggulangi perkembangan lingkungan.

>> Karakteristik dari Audit Pemasaran yang efektif :
1. Komprehensif atau menyeluruh
2. Sistematis.
3. Independen.
4. Berkala.

>> Prosedur Audit :
Proses audit dimulai dengan persetujuan yang dicapai antara direktur pemasaran organisasi dan auditor pemasaran, seseorang yang berada dalam atau luar organisasi. berkenaan dengan tujuan khusus, luas dan dalamnya cakupan, sumber data, format laporan dan periode waktu audit.

0 komentar:

Posting Komentar